sablon kaos

Kelebihan Dan Kekurangan Sablon Kaos Manual

Bisnis

sablon kaos

Sebagian besar orang mungkin sudah mengenal dengan istilah sablon kaos manual, digital maupun sablon DTG (Direct to garment). Dimana dari ketiga jenis sablon ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Sehingga ketika kita hendak memilih jenis sablon apa yang akan kita gunakan, alangkah baiknya untuk bisa mengetahui masing-masing dari kelebihan dan kekurangan dari setiap jenisnya. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dan kelebihan dari jenis sablon manual,

Beberapa Keuntungan Serta Kelebihan Dari Mesin Sablon Kaos Manual

Kelebihan yang pertama dari mesin sablon kaos manual ini adalah produksinya banyak dan biaya yang dibutuhkan juga lebih sedikit. Hal ini dikarenakan pada mesin sablon manual frame sablon yang digunakan sama untuk satuan produksi yang cukup banyak. Kelebihan yang selanjutnya adalah bisa melakukan penyablonan dengan menggunakan teknik timbul ataupun busa yang tidak bisa dilakukan oleh mesin digital maupun mesin DTG, kemampuan ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan mesin sablon manual. Selain itu juga warna yang dihasilkan dari mesin sablon manual biasanya lebih awet jika dibandingkan dengan digital. Akan tetapi juga disesuaikan dengan kualitas tinta yang digunakan.

Selain kelebihan, ternyata mesin sablon kaos manual ini memiliki kekurangan, kekurangan tersebut diantaranya adalah: jenis sablon pada mesin manual kurang cocok untuk menyablon foto atau gambar yang mengandung banyak sekali campuran warna, seperti gradasi warna kecil-kecil yang terlalu detail. Kekurangan yang kedua adalah proses pembuatannya cukup lama, karena harus melewati beberapa tahap yang perlu dilaksanakan, biasanya membutuhkan waktu selama seminggu. Misalnya adalah pembuatan frame, proses sablon, serta proses penjemuran yang tidak sebentar. Selain itu biasanya jenis sablon manual tidak menerima pesanan satuan karena untuk membuat framenya cukup lama dan ribet. Biasanya juga gambar atau hasil sablon setelah dilakukan pencucian secara berulang dapat mengakibatkan retak-retak kecil. Itulah beberapa keuntungan serta kelebihan dari mesin sablon manual, dengan mengerti kita bisa dapat mengambil pelajaran yang berharga dimana kita akan lebih selektif lagi dalam memilih mesin sablon yang akan diberi.

Related posts: